Rabu, 13 Juli 2011

- Finish = finish jump

---------------------------------------------
Bagaimana Mencapai nya?

Trek Downhill Gunung Pinang dapat dicapai dengan mobil pribadi. Jika bepergian dari Jakarta, masuk ke toll Jakarta-Merak dari toll dalam kota, menuju arah serang. Keluar pintu toll pada exit Cilegon Barat, sekitar km 56.

Dari gerbang exit toll (bayar toll), mobil mengarah keluar sampai menemukan persimpangan pertama. Di persimpangan ini harap mengambil jalur ke kanan (agak mengitari lingkaran), ke arah Cilegon/Anyer. Ikuti jalan tersebut melewati pasar dan beberapa keramaian di kota. Sekitar 5km, akan ketemu gapura menara TELKOM di sebelah kiri jalan. Mobil dapat parkir setelah gapura tersebut (ada areal kosong).

Pada hari sabtu-minggu sekitar jam 9 pagi biasanya ada team regular yang bermain di sana. Mereka membawa mobil pick-up sendiri untuk mgnagnkut orang+sepeda dari bawah trek ke atas. Jika rider tidak mempunyai pick-up, bisa nebeng dengan team regular tersebut, dengan catatan pada akhir kegiatan harus patungan untuk membayar ongkos sewa pick-up berikut supir nya.

Kuncen trek downhill Gunung Pinang adalah mas Rudi, biasa dipanggil Rodex. Dia yang biasa mengorganisir para Downhiller agar dapat memakai trek dan mobil pick-up dengan teratur. Jika rider baru pertama kali mencoba trek ini, ada baiknya juga minta petunjuk Rodex (ataupun rekan downhiller lain) untuk pengenalan trek.

------------------------------------------------------------
Trek

Trek ini cukup berbahaya, terutama bagi rider yang baru mulai bermain downhill. Trek ini tidak disarankan bagi rider yang belum pernah bermain downhill, kecuali mendapat bimbingan penuh dari rider yang sudah mengenali trek.

Ada beberapa obstacle yang cukup menantang (dan berbahaya) mulai dari awal trek, sampai di finish. Namun setiap obstacle dilengkapi dengan chiken-way disebelah kanannya. Untuk lap pertama, dianjurkan agar rider melewati chicken-way maupun me-rolling sepeda untuk pengenalan trek. Jika sudah cukup hafal, silahkan melakukan jumping maupun terbang di beberapa drop-off yang ada di trek tersebut.

Pada awal trek, sekitar 10 meter dari titik start, akan dimulai dengan big drop setinggi 2 meter. Big drop ini biasa disebut dengan "drop batu". Receiver nya merupakan tanah landai dengan kemiringan 30-derajat, sehingga rider dapat mendarat dengan mulus. Untuk rider pemula, tersedia chiken-way di sebelah kanan drop-off.

Setelah melewati big drop, rider akan langsung menemui berm pertama ke arah kanan. Pada berm ini, rider harus melewati nya dengan kecepatan tinggi setelah mendarat dari big drop. Jadi agar berhati-hati supaya tidak terlempar melewati berm.

Tidak jauh dari berm, rider akan menemui "rock garden", yaitu trek dengan batu-batu bertebaran di sepanjang jalan. Dengan kecepatan yang memadai sebenarnya "rock garden" ini mudah untuk dilalui, namun bagi rider pemula, biasanya akan grogi untuk melewati batu-batu tersebut. Setelah batu-batu tersebut, dilanjutkan dengan turunan yang semakin landai sehingga rider dapat memacu sepedanya sekencang mungkin.

Pada ujung trek, rider akan menemui drop-off setinggi 1m, yaitu pada jembatan yang menyeberangi jalan aspal. Setelah jalan aspal tersebut, rider kembali menemui turunan curam dengan obstacle akar di sepanjang trek. Drop-off berbahaya setinggi 1m terdapat tidak jauh dari jalan aspal tersebut. Karena curamnya turunan setelah jalan aspal ini, biasanya rider berada pada kecepatan tinggi sebelum melewati drop-off. Jika tidak berhati-hati, melompati drop off ini akan menjadi sangat berbahaya. Saya paling tidak sudah melihat 3 orang patah tulang karena terjatuh di drop-off ini.

Setelah drop off tersebut, rider kembali melintasi beberapa obstacle berupa akar-akar pohon melintang di sepanjang trek. Rider diharapkan berhati-hati terhadap akar-akar ini karena sangat licin terutama jika basah. Secara teori, rider harus mengangat ban depan utk melewati akar-akar tersebut dan tidak melakukan rolling di atas akar tersebut supaya tidak tergelincir.

Selain akar-akar, rider juga akan menemui beberapa drop-off dan berm di sepanjang trek. Dengan memacu sepeda secepat mungkin dan secara terampil melakukan "pumping" dan "rolling", seharusnya rider dapat melewati berbagai obstacle tersebut. Jika ragu-ragu, akan selalu ada chicken-way di sebelah kanan drop-off.

Di pertengahan trek, rider diharapkan untuk berhati-hati dalam melintasi trek karena akan menemui "gap jump" sepanjang 4m. "Gap jump" ini cukup menantang karena rider harus melewati berm (belok ke kanan) terlebih dahulu dengan kecepatan tinggi, sehingga cukup kencang untuk melompati "gap jump" tersebut. Jika tidak cukup kencang, rider akan mendarat di antara gap dan dapat menyebabkan kecelakaan parah. Namun seperti biasa, tersedia chicken-way di kanan obstacle tersebut.

Setelah melalui "gap jump" rider akan melalui beberapa obstacle akar dan batu, dan juga small drop-off. Sepeda sebaiknya "di-flow" sehingga rider dapat menikmati kecepatan tinggi di trek tersebut tanpa harus menggowes sepeda seolah-olah berada di pump-trek.

Trek ini akan ditutup dengan double jump di finish. Double jump tersebut sebetulnya bisa di rolling dengan kecepatan yang pelan, namun bagi rider downhill berpengalaman, double jump ini merupakan tempat show-off terakhir sebelum finish. Jarak double jump sekitar 6m yang dimulai dengan gundukan tinggi diawal obstacle dan receiver di akhir double jump tersebut. Bagi rider pemula, harap berhati-hati melewati double jump ini, karena jika kecepatan tidak mencukupi, ban depan akan menanduk gundukan kedua yang menyebabkan rider akan terlempar ke depan. Bukan menakut-nakuti, tapi sudah banyak korban patah tulang di double jump tersebut.

Demikian gambaran umum trek downhill gunung pinang. Waktu tempuh dari start sampai finish sekitar 5 - 10 menit, tergantung tingkat kemahiran rider. Setelah sampai finish, rider dapat menaikkan kembali sepeda nya ke mobil pick-up yang sudah menunggu di bawah dan mulai lagi melintasi trek tersebut dari atas. Rata-rata rider pemula bisa melakukan 5 lap per hari, namun utk rider berpengalaman bisa melakukan sekitar 10 - 15 lap per hari.